Berawal dari Pengembangan Mata Kuliah
[https;//digisense.id] Tahun 2013, mendapat tugas dari kampus tempat mengajar untuk mengembangkan mata kuliah Cyber Public Relations. Ya, tahun 2013, internet menjadi salah satu media baru yang mulai berhiruk pikuk. Sudah berlangsung kurang lebih 10 tahunan, karena sejak 2003, sudah mulai muncul warung internet walau masih jarang sekali dan jikapun ada masih mahal. Seingat saya, pada tahun 2004, saya sudah bermain internet dan mulai menggunakan media jejaring sosial Friendster yang saat itu sedang hype banget.
Berkembangnya Internet dalam 10 Tahun Terakhir
Tahun 2013 tersebut, setelah 10 tahun internet ramai, dan juga beberapa brand mulai melirik aktivitas berinternet seperti kerja sama dengan blogger, kampus mulai mengembangkan aktivitas daring tersebut menjadi mata kuliah. Ini bagian dari perubahan yang mau tidak mau harus dihadapi. Termasuk juga di Jakarta mulai terbiasa menggunakan Gojek, karena sudah dimulai sejak 2010, yang akhirnya berekspansi keluar tahun 2013.
Jadi dengan pengembangan mata kuliah baru tersebut merupakan jawaban terhadap perubahan yang diakibatkan oleh kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, khurusnya internet. Tahun-tahun tersebut juga jika tidak salah sudah mulai terjadi disrupsi, Perusahaan taksi sudah mulai ada yang tumbang, karena masyarakat Jakarta lebih nyaman menggunakan gojek selain murah juga lebih efektif.
Eksplorasi Sumber dan Materi
Sayangnya pada tahun-tahun tersebut, tidak banyak referensi yang bisa saya gunakan, khususnya yang edisi Indonesia. Karena masih keterbatasan akses terhadap sumber terbuka. Salah satu buku yang saya temukan tentang digital public relations adalah buku Cyber Public Relations dari Bob J. Onggo. Satu-satunya yang saya jadikan referensi untuk mengembangkan mata kuliah tersebut. Sisanya, Beberapa referensi secara tidak sengaja saya temukan secara daring dan dari beberapa sumber daring tersebut berbasis blog.
Menyatukan Konsep dan Pengalaman
Dari beberapa sumber yang saya temukan, akhirnya saya mengembangkan Rencana Pembelajaran Semesternya. Materi-materi apa yang harus tersedia dan referensi mana saja yang harus ada. Saya juga memasukkan materi praktis yang pernah dipelajari selama aktif dan banyak pelatihan-pelatihan menulis blog seperti SEO dan corporate blogging. SEO dan Corporate Blogging menjadi salah satu materi yang awet hingga akhirnya menjadi salah satu bab dalam buku Digital Public Relations.